Senin, 25 November 2013

Tips Melakukan Latihan Yoga Rutin

Tips Melakukan Latihan Yoga Rutin

Melakukan latihan yoga setiap hari mungkin sulit jika anda baru mulai. Untuk membuat latihan yoga menjadi rutinitas yang tidak terasa membebani, anda membutuhkan trik khusus. Berikut beberapa tips dan trik untuk menjadikan yoga sebagai bagian dari rutinitas:


  1. Tetapkan waktu reguler untuk berlatih. Anda bisa menambahkan paling tidak sehari latihan selain kelas yoga atau tiga kali seminggu latihan dan pelan-pelan ditambah. Semakin rutin anda berlatih, semakin mudah anda menyerap makna yoga serta merasakan manfaatnya.
  2. Yoga bukan olahraga kompetitif, jadi jika tubuh anda mulai ‘menjerit,’ jangan memaksa. Jika anda tidak belajar bersama guru, gunakan buku atau video. Jika anda rutin berlatih paling tidak 15 menit setiap hari, lama-kelamaan anda akan mampu melakukan pose yang lebih sulit.
  3. Lebih baik latihan yoga sesuai kemampuan secara teratur, daripada memaksa melakukan pose-pose menantang tetapi dengan hanya latihan sesekali. Lakukan pose-pose yang bisa anda nikmati, dan tambah tantangannya secara bertahap.
  4. Lakukan persiapan sebelum beryoga. Pakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Siapkan matras di area yang bersih dan nyaman, dan perlengkapan tambahan seperti bantal yoga, selimut atau tali elastis. Jangan makan 2-4 jam sebelum beryoga. Minum saja susu hangat jika anda merasa lapar. Pagi sebelum sarapan adalah waktu paling ideal untuk beryoga.
  5. Pelajari tiap gerakan dengan seksama. Bacalah buku yoga untuk pemula atau tonton dahulu keseluruhan video yoga sebelum anda mencoba. Lakukan modifikasi paling mudah dulu, dan jangan terburu-buru berganti gerakan. Ambil waktu untuk merasakan tiap pose.
  6. Lakukan pose awal yang paling bisa membuat anda siap untuk melakukan latihan yoga hingga selesai. Pose awal bermanfaat untuk mengatur pernapasan, menguatkan punggung dan membuka pinggul. Salah satunya adalah duduk bersila dengan lutut lebih rendah daripada pinggang (misalnya duduk dengan pantat di atas buku) dan punggung tegak. Tarik napas dalam 5-7 kali, lalu angkat tangan ke atas saat menarik napas, dan turunkan saat menghembuskan napas. Ulangi beberapa kali.
  7. Beristirahatlah di sela-sela pose yoga, terutama jika posenya cukup berat. Bernapaslah dengan tenang dan jangan terburu-buru.
  8. Terapkan yoga dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah beberapa pose ringan yang bisa anda lakukan saat duduk di kursi kantor. Lakukan latihan pernapasan tiap hari. Ketika sedang sibuk, ambil waktu beberapa menit untuk diam, menutup mata dan melakukan refleksi/meditasi singkat.
  9. Jangan mengharapkan hasil instan dalam yoga; yang anda cari adalah pencapaian yang bertahap, yang akan bisa anda rasakan jika bersabar sambil terus berlatih.
  10. Seimbangkan tiap latihan dengan melakukan paling tidak satu gerakan dari kelompok-kelompok pose ini: pose yang mengharuskan anda bernapas secara teratur dalam satu gerakan, pose berdiri, peregangan sisi tubuh, pose penguat otot perut, pose untuk tulang belakang, pose keseimbangan, pose terbalik (kepala di posisi lebih rendah dari kaki), serta pose berbaring yang rileks sebagai penutup dan meditasi.
  11. Jangan berpacu dengan waktu saat melakukan latihan yoga. Hal yang indah tentang yoga adalah anda tidak dibebani oleh keharusan apapun, dan usia tidak menjadi penghalang. Bahkan jika anda memang harus melewatkan latihan karena satu dua hal, tidak usah cemas. Biarkan diri anda berkembang lewat yoga tanpa diganggu hal-hal remeh seperti kecemasan.

2 komentar:

  1. Salam kenal Sis
    Waktu yang paling efektif senam yoga dilakukan pada pagi hari atau waktu lainnya?
    dan saya informasikan kepada temen2 semua jika cari baju senam terbaru khusus untuk senam yoga silahkan cek katalog baju senam di www.bajusenamgrosir.com
    mga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Maksih infonya gan,, saya tau tempat yang bagus untuk berlatih yoga, coba dilihat disini ya
    http://www.maximum-mma.com/classes/yoga

    BalasHapus