Senin, 25 November 2013

Terapi Gerakan Yoga - Kebiasaan buruk di tempat kerja (Hunch Posture)

hunch posturehunch postureTidak dapat dipungkiri,  kita kerja minimum 40 – 60 jam dalam 1 minggu dan itupun bisa lebih lama apabila ada pekerjaan lembur atau harus masuk pada hari Sabtu untuk menyelesaikan tugas istimewa dari bos.  Di jaman digital, sudah pasti semua orang bekerja dengan komputer di kantor.
Sewaktu bekerja di depan komputer, secara tidak sadar kepala akan cenderung ke muka karena mata ingin melihat tulisan atau gambar supaya lebih jelas.
Tidak dapat dipungkiri,  kita kerja minimum 40 – 60 jam dalam 1 minggu dan itupun bisa lebih lama apabila ada pekerjaan lembur atau harus masuk pada hari Sabtu untuk menyelesaikan tugas istimewa dari bos.  Di jaman digital, sudah pasti semua orang bekerja dengan komputer di kantor.
Sewaktu bekerja di depan komputer, secara tidak sadar kepala akan cenderung ke muka karena mata ingin melihat tulisan atau gambar supaya lebih jelas. Kebiasaan buruk ini disebut “HUNCH POSTURE” atau “FORWARD HEAD”.
Bertahan dengan posisi Hunch Posture/ Forward Head akan menyebabkan otot disekitar leher, pundak dan punggung mengalami konstriksi (tertarik).  Ketegangan otot ini akan menyebabkan sakit kepala atau migrane. Coba bayangkan, apabila posisi forward head (posisi kepala berada dimuka badan) ini kita perhatahankan terus menerus pada waktu kerja, tanpa kita sadari posisi dagu akan tertarik kemuka dan ini membuat stress yang sangat besar pada otot leher. Postur seperti ini bisa menimbulkan cedera pada carpal tunnel syndrome (stress saraf yang disebabkan oleh terjepit) yang disebabkan karena bentuk otot menyusut (shortens) dibagian dada dan dapat menekan kebagian pembuluh darah di tangan.
forward head postureforward head posturePosisi duduk salah ini (forward head/hunch posture) juga me-kompresi organ internal; seperti halnya organ pernafasan, sirkulasi dan pencernaan.  Meskipun demikian, ada kabar baik bagi praktisi yoga à yaitu terapi gerakan yoga yang dapat menetralisir kebiasaan bungkuk di kantor ini.
Dengan berlatih Yoga, anda dapat merasakan “body awareness” sehingga tubuh secara otomatis dapat dengan sadar membenarkan- “alignment” yang salah.  Posisi yoga dibawah ini (lihat gambar), semuanya “counteract” atau lawan dari postur body slouching (posisi bungkuk). Terapi yoga memberikan rasa rileks di otot dan mendukung postur yang baik.  Lakukan postur yoga ini tiap sehingga anda akan merasa lebih sehat dan energik.



locust poselocust pose

Salabhasana (Locust pose)
Efek terapi: memperpanjang otot bagian belakang dan otot inti.





cow face posecow face pose
Gomukhasana (Cow Face Pose)
Efek terapi: gerakan ini akan membuka otot pundak dan dada anda. Seperti yang kita ketahui, posisi hunch posture di kantor mempersempit otot bagian tersebut.






Downward Facing DogDownward Facing Dog

Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog)
Efek terapi: Memberikan stretch bagian belakang, tangan dan pundak.





supported supine backbendsupported supine backbend
Supported Supine Backbend
Efek terapi: memberikan efek lembut untuk membuka otot dada dan bagian belakang.





Komentar penulis:
Saya pernah mengalami efek dari Hunch Posture/ Forward Head yang mana otot di bagian leher dan pundak terasa sakit dan pegal sekali. Tegangnya otot dibagian ini membuat saya sering SAKIT KEPALA yang berkepanjangan. Bisa saja kita minum Panadol atau Paramex (obat sakit kepala) tetapi efek dari obat tersebut symptomatic. Artinya, sakit kepala kita akan hilang untuk sementara dan begitu efek obat hilang, sakit kepala akan timbul lagi.
Tiap bangun pagi, badan rasanya tidak beristirahat, karena leher dan punggung bagian belakang terasa tegang dan sakit.  Cukup banyak saya menelan obat sakit kepala karena hal ini.
Ketika saya mengetahui bahwa symptom ini disebabkan karena posisi badan yang tidak benar waktu kerja, saya mencoba untuk duduk dengan baik.  Tulisan di computer saya besarkan (dengan View options) sehingga saya dapat melihat tulisan dengan jelas meskipun tidak dengan dekat.  Saya bayangkan bahwa tulang belakang harus memanjang dan lurus, tidak boleh membungkuk.  Posisi duduk yang benar saya variasikan dengan pose dan gerakan yoga seperti diatas.  Hanya dalam waktu 1 minggu, semua keluhan saya mengenai sakit otot di leher, pundak dan punggung belakang hilang. Rasa sakit kepalapun tidak pernah lagi menghantui saya. Apabila anda memiliki gejala yang sama karena posisi duduk yang tidak benar di kantor, saya harap artikel ini dapat membantu anda…

by Marbou Theodore

sumber : http://valueyogamat.com/yoga-pose/153-terapi-gerakan-yoga-kebiasaan-buruk-di-tempat-kerja-hunch-posture.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar