Senin, 25 November 2013

Posisi Yoga Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

posisi yogaposisi yoga
Diantara banyak posisi yoga yang ada, ternyata ada beberapa diantaranya yang memiliki fungsi untuk menghilangkan penumpukan kolesterol. Zat berbahaya akibat konsumsi lemak berlebih ini belakangan sangat mengkhawatirkan banyak orang. Barbagai macam penyakit bisa timbul akibat kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, salah satu yang paling berbahaya adalah serangan jantung.
Menurut sejumlah penelitian, kadar kolesterol yang masih dapat ditolerir untuk bisa dimiliki di dalam tubuh seseorang adalah kurang dari 200. Jika sudah melebihi 200, maka kecenderungan untuk terserang penyakit jantung pun semakin tinggi.
Yoga, secara keseluruhan mempunyai fungsi untuk membuat suasana beberapa posisi dalam yoga fisik dan mental rileks. Teknik pernafasannyapun terbukti dapat mengatur energy di dalam tubuh sedemikian rupa sehingga mengurangi tingkat emosi dan stress pada seseorang. Latihan yoga yang dilakukan setiap hari maksimal selama setengah jam akan sangat membantu menciptakan perasaan tenang sehingga otomatis akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Posisi-posisi yoga yang memiliki dampak positif terhadap kolesterol tersebut antara lain:

1. Sarvangasana
Dengan posisi yoga telentang dan menarik nafas dalam sementara kaki dan tukang belakang diangkat naik sampai jari kaki mengarah ke langit-langit merupakan posisi awal yang baik. Leher menumpu tubuh dan bagian belakang dibantu oleh tangan yang diletakkan di antara pinggang dan tulang belikat . Kemudian, tekuk lutut dan letakkan telapak tangan di lantai sampai tulang belakang melengkung. Luruskan lutut saat punggung telah menyentuh lantai.

2. Ardha Matsyendrasana
Posisi yoga ini adalah duduk dengan kaki meluas di depan dan tangan di samping. Lipat kaki di depan lutut kemudian dengan perlahan atur tumit pada perineum. Lipat kaki kiri dan letakkan di atas lutut kanan dengan tetap menghadap ke langit. Tarik tangan kanan ke sisi lutut kiri. Lalu luruskan tangan dan pegang pergelangan kaki kiri. Putar tubuh mengarah ke belakang sementara pandangan tetap lurus ke depan.

3. Shalabhasana
Berbaring merupakan awal posisi yoga yang satu ini. Menghadap ke bawah dengan lengan di samping dan telapak tangan di bawah siku. Naikkan kaki sehingga tidak menyentuh lantai. Biarkan hanya bahu, dagu, dan dada yang ada di lantai. Tahan posisi ini selama  1 detik. Lakukan berulang-ulang


4. Vajrasana

Posisi yoga ini yang paling sederhana. Hanya duduk dengan memanjangkan kaki dengan tangan tetap di samping badan. Istirahatkan telapak tangan di lantai dan lipat kaki kanan di lutut dan tempatkan di bawah pantat. Duduklah dengan tegap dengan pandangan menghadap lurus ke depan. Saat kembali ke posisi semula, menekuklah ke sisi kanan dan ambil kaki kiri untuk ganti diperluas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar