Senin, 25 November 2013

6 Posisi Senam Yoga Untuk Sakit Pinggang

6 Posisi Senam Yoga Untuk Sakit Pinggang
Sakit pinggang adalah penyakit yang sering menyerang manusia dan tidak peduli pria atau wanita. Sakit ini menimbulkan rasa nyeri yang kadang bisa sembuh dengan sendirinya namun kadang sulit untuk disembuhkan.  Banyak faktor yang menyebabkan sakit pinggang ini namun anda yang tidak pernah merasakan nyeri pada pinggang sebaiknya  memperhatikan beberapa hal yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada pinggang tersebut. Nyeri pada pinggang bisa diakibatkan oleh faktor umur seseorang yang semakin bertambah, kadang harus mengangkat beban yang terlalu berat dan juga karena kesalahan saat beraktivitas. Duduk yang salah atau tidur dengan posisi salah juga mengakibatkan rasa nyeri pada pinggang.
Nah,jika anda sering merasakan sakit pinggang bahkan berkepanjangan maka anda bisa  melakukan beberapa penyembuhan yang mudah dan murah. Salah satu penyembuhan nyeri pinggang adalah dengan terapi senam yoga. Yoga  adalah senam yang dulunya untuk  menjaga keseimbangan tubuh dan jiwa seseorang, namun senam ini juga efektif untuk penyembuhan nyeri pada pinggang. Ada 6  gerakan yang bisa anda coba untuk menyembuhkan nyeri pinggang tersebut, diantaranya:

6 Posisi Senam Yoga Untuk Sakit Pinggang

Pose Cobra

Pose ini dimulai dengan meletakkan perut dan dahi pada matras, kaki dan lengan rapat kemudian anda angkat bagian tubuh atas dengan kekuatan otot pada pinggang.
6 Posisi Senam Yoga Untuk Sakit Pinggang

Pose Bow (dhanurasana)
Pada gerakan ini anda bisa  membengkokkan lutut dan telungkup serta memegang kedua tangan anda dengan menarik tangan pada kedua kaki. Posisikan lulut dengan menempel pada matras. Posisi ini mirip dengan perahu karena hanya perut anda yang menumpu di atas matras.
6 Posisi Senam Yoga Untuk Sakit Pinggang

Cat Pose (Marjaryasana)
Posisi ini sangat baik untuk meningkatkan kelenturan tulang punggung anda dan tentunya bisa mengobati sakit pinggang.  Posisikan badan Anda seperti merangkak, dimana telapak tangan diletakan sejajar bahu tegak lurus. Kedua kaki disejajarkan dengan kedua tangan, pada posisi berlutut, dan telapak kaki menghadap keatas. Lengkungkan keatas punggung dan tahan posisi ini selama 3 menit.


Plank Pose (Adho Mukha Svanasana)
Gerakan ini sama seperti ketika anda berada di puncak posisi push-up , yaitu dengan menekan telapak tangan dan dada dibusungkan kedepan sampai bahu di atas pergelangan tangan.
boat poseboat pose

Boat Pose (paripurna navasana)
Duduk  dengan menekuk lutut dengan jari tangan berada di  lantai, dan angkat kaki setinggi  kening. Luruskan tangan anda kedepan bersamaan dengan kaki dan tahan sampai  7 menit.
child posechild pose

1 komentar:

  1. Salam Hangat sis :)
    Mau tanya klo gerakan senam Yoga untuk ibu hamil seperti apa ya?
    dan baju senam wanita yg bagus Buat yoga seperti apa?
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus